Kamis, 19 Januari 2012

Pawarta Basa Jawa


TRAGEDI PESAWAT DI MAGETAN

Belum lama ini memang pernah diberitakan bahwa banyak pesawat yang mengalami musibah di luar negeri maupun Indonesia. Belum genap dua bulan berita itu, sudah disusul lagi peristiwa jatuhnya pesawat belum lama ini, tepatnya di desa Geplak, Kecamatan Karas, Magetan, Jawa Timur hari Rabu pagi sekitar setengah tujuh pada tanggal 20 Mei 2009, saat bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Pesawat yang jatuh dan terbakar itu milik TNI AU jenis Hercules C-130 nomer A-1325. Menurut berita koran dan televisi, pesawat tersebut berangkat dari pangkalan Lapangan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta dengan tujuan akhir Biak, Papua. Tetapi belum sampai di tujuan akhir, dan ketika hendak mampir di Lapangan Udara Iswahyudi Madiun pesawat tersebut mengalami kecelakaan.
Bahkan pada peristiwa itu, lebih dari seratus orang tewas termasuk warga desa yang rumahnya ikut kejatuhan pesawat tersebut. Selain itu ada 15 orang yang mengalami luka berat dan ringan. Sementara rumah-rumah di desa tersebut yang kejatuhan pesawat dan menyebabkan rumah hancur dan terbakar sekitar 4 rumah. Ada yang hancur lebur dan sebagian ada yang atapnya rusak tanpa sisa. Dengan adanya musibah pesawat milik TNI AU tersebut tentu saja membuat warga sekitar pangkalan menjadi trauma. Mereka tidak tahu apa-apa, tahu-tahu kena sial.
Yang jelas musibah pesawat Hercules C-130 milik TNI AU tadi semakin menambah panjang daftar kecelakaan pesawat TNI AU. Memang banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya pesawat-pesawat milik negara itu sudah banyak yang berusia tua dan harus diganti. Namun dengan alasan anggaran tidak mencukupi, terpaksa pesawat tua itu masih dioperasionalkan untuk mengangkut orang dan alat perlengkapan lainnya. Apakah memang musibah itu benar-benar karena usia pesawat yang sudah tua atau sebab lainnya? Ditunggu saja hasil investigasi pemerintah tentang sebab-musabab kecelakaan pesawat tersebut.
Sumber: http://tasmania28.wordpress.com/2009/06/19/pawarta-bahasa-jawa/

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates